Breaking News

Tuesday, November 22, 2016

MANFAAT BLOG BAGI GURU

Weblog merupakan bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum (Dedik Kurniawan:2009:1). Sedangkan menurut Fahrul Muanif (2013:1), mendefinisikan website dan blog secara terpisah meskipun berhubungan. Website adalah kumpulan halaman situs yang tersimpan dalam server web hosting dengan menggunakan nama domain atau sub domain tertentu. Blog atau weblog merupakan sebuah halaman web yang berisi tulisan, artikel, gambar,
dan video yang dimuat dalam posting dengan tujuan dapat diakses oleh semua pengguna internet dengan fasilitas yang disediakan untuk berinteraksi dengan para pembacan yang menggunakan kolom komentar dan buku tamu. Untuk mempermudah penyebutan weblog sering disebut blog saja. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab, sebelum akhirnya diakuisisi oleh google.com  pada akhir tahun 2002. Meskipun demikian website dan blog dapat dibedakan. Blog lebih bersifat personal  dengan menggunakan blogspot, wordpress, jomla atau yang lain dengan jenis yang sama sedangkan website lebih bersifat publik, biasanya digunakan oleh organisasi, perusahaan dan yang lainnya (Fahrul Muanif :2013:1).
Aktivitas yang digunakan untuk membuat, memposting, dan mengelola blog adalah ngeblog. Dengan semakin berkembangnya  aktivitas ngeblog maka berkembang pula fungsi blog. Fungsi blog antara lain sebagai:
  1. Media Informasi 
  2. Apabila kita atau pemilik blog mempunyai informasi yang akan disampaikan dan dibagi kepada orang lain (publik) maka blog menjadi sarana yang mudah, gratis, dan populer. Informasi dapat berupa pengalaman pribadi, pengumuman, cerita, berita, hobi, hiburan, politik, dan sebagainya.
  3.  Media Inspirasi
  4. Inspirasi dapat kita peroleh dengan menuliskannya di blog bahkan orang lain dapat terinspirasi oleh tulisan kita. Inspirasi adalah proses dan hasil ideal dari blog. Apabila kita sulit memberi inspirasi kepada orang lain maka kita coba untuk memberinya motivasi. Motivasi yang baik dapat mendorong orang lain terinspirasi. Ada banyak kisah inspiratif yang tentunya pemilik blog mengajak orang lain minimal sama seperti yang dilakukannya.


  5. Media Promosi 

  6. Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk  orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan.


  7. Media Pembelajaran

  8. Perkembangan lebih lanjut dari blog adalah sebagai sarana atau media pembelajaran, bahkan dapat digunakan  sebagai e-learning. Sebagaimana dikutip dalam buku Strategi Belajar Mengajar oleh Drs. Hamdani, M.A tahun 2011 mengungkapkan bahwa e-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies, seperti PDA dan MP3 Players.  Juga penggunaaan teaching materials berbasis web dan hypermedia, multimedia CD-ROM atau websites,  forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, computer aided assessment, animasi pendidikan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting system, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda.
Secara sederhana, blog yang berisi konten materi pembelajaran dapat diakses oleh pengunjung khususnya siswa pada saat kegiatan pembelajaran dan kemudian memberikan interaksi langsung dalam bentuk komentar atau respon secara on line adalah e-learning yang sederhana. Selain mendidik maka tugas guru yang lain adalah melaksanakan proses belajar mengajar. Untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar tersebut maka guru dituntut untuk menggunakan berbagai media dan sumber belajar. Penggunaan berbagai media dan belajar ini penting karena Setiap media memiliki kekurangan dan kelebihan yang saling melengkapi Penggunaan media bisa mengatasi masalah jarak dan waktu pembelajaran yang sangat terbatas, sehingga siswa bisa belajar dimana saja dan kapan saja.  Guru dituntut untuk dapat memanfaatkan IT untuk menunjang kelancaran pelaksaan tugas sebagaimana teretran dalam kompetensi profesional guru
Salah satu ketrampilan dibidang IT adalan guru  bisa ngeblog untuk menuangkan karya-karyanya bisa dibaca dan di pelajari oleh siswa. Untuk menjawab tantangan ini maka IGI (Ikatan Guru Indonesia) sebagai salah organisasi profesi melaksanakan program dengan nama SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog) Program ini telah dilaksanakan 3 angkatan terdiri dari kelas dasar dan kelas lanjut. Kegiatan memiliki keunggulan yakni dilaksanakan secara online, sehingga bisa dipelajari oleh guru secara mandiri kapan saja dan dimana saja. Semoga IGI tetap maju dan membuat terobosan program untuk peningkatan kompetensi guru indonesia dari Sabang sampai Merauke.


No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog